Friday, October 9, 2020

Fungsi dan Manfaat TON (Tambak Organik Nusantara)

Tambak Organik Nasa


 T.O.N (Tambak Organik Nusantara)

■ TON memiliki manfaat :

● mengikat logam-logam berat dengan ikatan ion-ik kovalen

● menetralkan senyawa beracun

● menciptakan keseimbangan ekosistem

● stabiliser Kualitas air

● merutinkan Molting udang

● sebagai Tambahan Nutrisi bagi Plankton


■ Fungsi Pupuk TON (Tambak Organik Nusantara) :

untuk mengikat logam-logam berat dengan ikatan ionik dan kovalen mengikuti mekanime sebagai berikut :

● logam-logam berat terlarut dapat masuk ke perairan budidaya dari pencemaran limbah pabrik dan rumah tangga.

Jenis logam berat tersebut diantaranya adalah timbal (Pb) Seng (Zn) Merkury (Hg) Nikel (Ni) dll. Dalam Keadaan terlarut logam-logam tersebut berbahaya bagi kehidupan ikan atau udang. Logam berat dapat masuk melalui proses absabsi yaitu penyerapan secara langsung maupun melalui phytoplankton yang dimakan oleh ikan atau udang.

Akibat yang ditimbulkan dapat bersifat netal atau mematikan pada konsentrasi tinggi dan subnetal atau tidak mematikan tetapi menggangu kehidupan pada konsentrasi yang rendah. Asam humat dan fulvat pada TON dapat mengikat logam-logam tersebut dan membentuk menjadikan senyawa-senyawa  yang tidak berbahaya.

Mekanisme kerja fungsi Pupuk TON (Tambak Organik Nusantara)

TON


Sebagai penetral senyawa beracun dan menjaga keseimbangan ekosistem adalah sebagai berikut :

● dalam budidaya perairan selama proses budidaya akan terjadi penurunan kualitas lingkungan hidup ikan atau udang dengan semakin bertumbuhnya umur, hal itu disebabkan karena semakin banyaknya bahan organik terlarut yang berasal dari kotoran ikan atau udang, sampah yang masuk, bangkai ikan atau udang, sisa pakan yang diberikan, tumbuhan dan hewan air lain yang mati.

Bahan-bahan organik yang masuk tersebut alan mengalami dekomposisi oleh mikro organisme dikolam atau tambak menjadi amoniak atau NH3 yang beracun.

Agar tidak beracun, senyawa amoniak tersebut harus diubah menjadi senyawa nitrit NO2 Minus dan Nitrat NO3 minus yang dilakukan oleh Bakteri Nitrozomonas dan Bakteri Nitrobakter.

Proses tersebut disebut Reaksi Nitrifikasi yang membutuhkan kondisi air ideal yaitu DO ( Dissolved Oxygen ) yang tinggi, Suhu yang ideal, pH pada kisaran netral dan alkalinitas yang cukup tinggi.

Pengguna an Pupuk TON di tambak mampu menjaga kualitas air tambak atau kolam selalu dalam keadaan ideal, karena kandungan mineral serta asam humatnya mampu menjaga kesuburan plankton dan menetralisir racun-racun yang ada, sehingga memungkinkan proses nitrifikasi tersebut berlangsung dengan baik.

Maka tidak mengherankan jika tambak atau kolam budidaya yang menggunakan TON (Tambak Organik Nusantara) akan BERHASIL.

Karena, ikan dan udang akan selalu hidup dalam lingkungan air yang ideal dan bebas dari senyawa beracun serta mempunyai persediaan pakan alami yang cukup.


Mekanisme  fungsi Pupuk TON (Tambak Organik Nusantara) sebagai Stabiliser Kualitas Air dapat dijelaskan sebagai berikut :

● dengan berbagai bahan penting yang terkandung didalamnya maka TON mampu menciptakan suatu lingkungan yang ideal bagi ikan atau udang.

Baik dari segi ketersediaan pakan alami, kadar Oksigen Terlarut atau DO ( Dissolved Oxygen ), Keasaman atau pH dan mampu mempertahankanya hingga budidaya berakhir.

■ mekanisme Fungsi TON Untuk Merutinkan Molting Udang (Pergantian Kulit Udang) adalah sebagai berikut :

● proses molting pada udang merupakan mekanisme pertambahan ukuran tubuh udang.

Kulit udang tersusun oleh senyawa chitin yang keras dan tidak elastis.

● oleh karena itu, dengan semakin besarnya ukuran tubuh udang, kulit harus mengalami penggantian dengan ukuran yang lebih sesuai dengan tubuh udang yang baru.

● syarat agar udang dapat melakukan molting adalah kondisi udang yang baik dari segi energi dan kesehatanya, syarat lainnya adalah kondisi lingkungan (air) yang ideal, terutama dalam hal kandungan oksigen terlarut atau DO (Dissolved Oxygen), alkalinitas dan pH.

● Pupuk TON dengan mineral yang terkandung didalamnya akan mampu menyuburkan plankton sebagai pakan alami yang baik bagi udang, sehingga akan menunjang faktor kecukupan nutrisi yang dibutuhkanya.

● Dalam hal lingkungan, TON sebagaimana telah dijelaskan juga mampu menciptakan dan menjaga kualitas air yang ideal.

● Jika kedua syarat tadi dapat diciptakan dengan pemberian TON, maka proses molting juga dapat berlangsung dengan rutin.Mekanisme 

● Fungsi Pupuk TON (Tambak Organik Nusantara) untuk Menyuburkan Plankton dapat dijelaskan sebagai berikut :

Plankton sebagaimana tumbuhan tingkat tinggi juga membutuhkan unsur-unsur mineral baik makro maupun mikro untuk tumbuh dan berkembang.

● Pupuk TON mengandung berbagai unsur-unsur penting N, P, K, Ca, S, Mg, Cl, dan lain-lain yang dibutuhkan phytoplankton (tumbuhan) sebagai produsen tingkat pertama dalam rantai makanan di perairan.

● Jika phytoplankton berkembang dengan baik maka zooplankton juga mempunyai sumber makanan sehingga juga dapat tumbuh dan berkembang.

● Dan apabila kedua jenis plankton tersebuit dapat tumbuh berkembang dengan baik, pada akhirnya akan menjadi pakan alami penting bagi ikan atau udang.


=====================

No comments:

Post a Comment

Kontak Kami

MENCARI AGEN/DISTRIBUTOR SELURUH INDONESIA KONTAK PERSON : SARDIMAN, S.PD.I / N-566552 HP/WA : 085249017201 ALAMAT : JL. PEMU...

Popular Posts